PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


PENGERTIAN
Pendidikan merupakan istilah yang digunakan untuk segala pengalaman belajar yang baik yang terjadi di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

MANFAAT

Pendidikan sangat membantu kita untuk memelihara macam-macam masyarakat yang kita punyai. Ini juga salah satu cara utama orang-orang mencoba untuk merubah atau mengambangkan masyarakatnya.

TUJUAN PENDIDIKAN

Tujuan umum atau tujuan mutakhir pendidikan tergantung pada nilai-nilai atau pandangan hidup tertentu. Pandangan hidup yang menjiwai tingkah laku manusia akan menjiwai tingkah laku pendidikan dan sekaligus akan menentukan tujuan pendidikan manusia.

PAUD-TK

Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan prasekolah dengan masa program belajar paling lama tiga tahun menjelang anak berusia enam tahun yang merupakan satu kesatuan. Ketentuan mengenai pelaksanaan Taman Kanak-kanak sebagai persyaratan untuk memasuki Sekolah Dasar, sampai pada saat ini sering diabaikan mengingat adanya konsekuensi pembiayaan dan lingkungan masyarakat yang beraneka ragam.

MENINGKATKAN MUTU
Pembinaan TK secara terus menerus merupakan keharusan dalam peningkatan mutu TK, sehingga mampu mengembangkan potensi anak didik seoptimal mungkin. Kita menyadari bahwa keberhasilan pendidikan TK akan memberikan kontribusi/peran yang besar bagi perkembangan anak di kemudian hari. Pembinaan guru TK dilakukan sesuai dengan tuntunan profesionalisme dan kemajuan jaman

KUALIFIKASI
Guru sebagai pendidik harus pandai bergaul dengan anak usia TK, bersifat sabar, memiliki sifat kasih sayang kepada siswa, bersikap periang dan dapat memberikan keteladanan dalam bersikap, berperilaku, bertutur kata sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Sebagai pembimbing memberikan layanan bimbingan kepada siswa agar anak mengenali dirinya, mengenal lingkungannya dan masa depannya.

PROFESIONAL
Guru yang profesional harus mampu mewujudkan prestasi dan kinerja yang tinggi yaitu mampu menghubungkan program kegiatan belajar mengajar yang meliputi pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar

PENGALAMAN

Guru harus mampu menerapkan metode mengajar yang efektif, sehingga anak didik merasa nyaman di kelas dan dapat menciptakan suasana belajar yang dinamis kreatif dan menyenangkan.

SYSTEM PENGAJARAN

Untuk tercapainya pendidikan di Taman Kanak-kanak, sebagai pendidik yang baik, hendaknya menggunakan metode-metode yang tepat yang dapat membantu anak TK dalam perkembangan dimensi sosial, emosi, kognitif, bahasa dan motorik.

HAMBATAN
Pendidikan sekolah Taman kanak-kanak berbeda dengan pendidikan anak sekolah dasar, pertumbuhan kejiwaan anak taman kanak-kanak berbeda dengan pertumbuhan kejiwaan anak Sekolah Dasar. Untuk itu mendidik anak di Taman kanak-kanak lebih sulit dan membutuhkan kesabaran dan keuletan.

JALAN KELUAR

Guru harus memberikan jalan yang terbaik untuk anak didiknya. Sebagai manapun keadaannya, guru harus sabar menghadapinya. Dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pertolongan dan bimbingan.




GURU HARUS KREATIF
       Untuk itu guru TK harus yang kreatif dan inovatif yang dapat dilakukan melalui kegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingin anak, berpikir kritis dan menemukan hal-hal yang baru bagi anak.
       Sebagai pendidik yang baik, hendaknya kita menggunakan metode-metode yang tepat, yang dapat membantu anak TK dalam perkembangan dimensi sosial, emosi, kognitif, bahasa dan motorik.

MENGENAL ANAK

Anak mempunyai sifat selalu ingin tahu dan selalu ingin meniru perbuatan-perbuatan yang ia lihat dalam kehidupan sehari-hari. Anak adalah seorang manusia, sama seperti kita, hanya fisiknya saja yang berbeda dengan kita. Punya akal untuk berfikir, punya hati yang bisa merasa, sehingga tidak mustahil apabila dalam keluarga selalu berbuat yang baik dan berakhlak yang mulia, anak akan meniru perbuatan yang baik juga, begitu pula sebaliknya.

PENDIDKAN DALAM KELUARGA

Orang tua atau wali anak didik merupakan salah satu komponen dalam keluarga yang turut menentukan keberhasilan pendidikan di Taman kanak-kanak. Karena keluarga juga merupakan unit pelaksana pendidikan yang paling awal yang dapat menentukan perkembangan fisik maupun mentalnya.

PENDIDIKAN YANG BERLANGSUNG DI MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat merupakan suatu sistem kehidupan manusia yang di dalamnya terdapat norma-norma dan nilai-nilai yang perlu dipatuhi bersama. Melalui interaksi sosial, baik antar individu maupun kelompok, terjadilah transformasi norma dan nilai di antara anggota masyarakat tersebut.

PENGARUH LINGKUNGAN
Dari beberapa uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat sebagai lingkungan dan sumber pendidikan dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap pembentukan perilaku dan norma/nilai di lingkungan pendidikan, terutama pendidikan di Taman Kanak-kanak.

MENDISIPLINKAN ANAK

Jika kita telaah, kata disiplin berawal dari kata latin yang berarti mengajar (teach). Disiplin lebih merupakan pengajaran  bukan memberikan hukuman atas tingkah laku yang tidak sesuai dengan harapan kita. Untuk itu disiplin ini sebaiknya dimulai dari sejak anak dilahirkan.


DISIPLIN PENTING

Disiplin merupakan suatu proses yang perlu dilakukan oleh orang tua sejak saat ini dan perlu dilakukan secara kontinyu, sehingga anak tidak mengalami kebingungan. Selain itu kita perlu mempertimbangkan kemampuan intelegensi mereka pada setiap tahap perkembangannya.